Andalkan HTML5, Microsoft Bawa Game 'Cut The Rope' ke Windows 8

22/01/12


Si monster hijau merupakan ikon dalam game Cut The Rope yang selama ini sukses di platform aplikasi mobile. Di iOS, game ini menggunakan layanan Crystal dan Game Center social networking, sedang di Android, game ini menggunakan layanan Scoreloop social networking. Sukses di platform aplikasi mobile, Microsoft tergiur bawa Si Monster Hijau ke OS Windows 8. Aplikasi game ini akan tersedia dalam rilis beta Windows 8 di bulan Februari. Sementara menunggu, game ini sudah bisa dimainkan di browser.

Game yang dibangun tahun 2010 oleh developer Rusia, Zeptolab dan dipublikasikan oleh Chillingo. Game ini ditujukan untuk gamer casual yang menceritakan si monster hijau yang sangat gemar terhadap permen dna bintang. Tugas gamer hanyalah memberi makan si monster hijau dengan permen dan bintang tersebut, dengan cara memotong tali yang mengikat permen. Tiga bintang dan permen akan masuk ke mulut si monster hijau. Dari situlah gamer mendapatkan poin.

Game Cut The Rope memang memiliki konsep yang hampir serupa dengan Angry Birds. Tersedia dalam 25 level, game ini sanggup membuat kecanduan karena grafiknya yang menggemaskan dan konsep game-nya yang sederhana tetapi menarik.  Tahun 2011, Cut The Rope menduduki posisi 9 dari 10 game terbaik Android. Sedangkan di Apple Apps Store, game ini sudah diunduh sebanyak 3 juta kali. Karena kesuksesannya di tahun 2011, game ini memiliki sekuel, yakni Cut The Rope : experiments, yang dipublikasikan oleh developer game-nya sendiri, masih dalam platform aplikasi mobile.

Tim dari Microsoft Internet Explorer dan Zeptolab (developer game) serta tim spesialis dari Pixel Lab kemudian bekerja sama membawa game ini ke platform browser. Tim melakukan porting dari versi iOS dan melakukan investigasi ekstensif kepada kode dasar Objective-C. Dari versi iOS terdapat 15 ribu baris kode untuk fisik, animasi, dan mesin gambar. Untuk memporting Objective-C ke Java Script, tim membutuhkan port kode grafik dari OpenGL ke HTML5 Canvas API.  Hasilnya, game Cut The Rope tampil dalam grafik canvas yang lebih lembut, dengan audio yang lebih jelas serta layar lebih besar. Game versi dsektop browser resmi rilis Januari 2012.

Game ini sudah bisa dimainkan di desktop dengan OS Windows 7 dan browser Internet Explorer 9. Game ini juga bisa dimainkan di browser Chrome 15 dan Firefox 9. Game Cut The Rope bisa dimainkan secara gratis dari link berikut.

Dan berikut ini adalah video dibalik pengembangan Game Cut The Rope :



Sumber: <-- ANBU~BLOG http://www.anbu-blog.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions