Heboh!! Dua Objek Putih Misterius Di Atas Klaten Tertangkap Google Earth

07/09/11

Saya mendapat pertanyaan menarik. Email di bawah ini berasal dari Rizka Wibowo (middlefinger_slo@yahoo.com). Isinya mengenai objek putih besar yang tertangkap Google Earth melayang di atas kota Klaten.


Hallo bang enigma...
Nama gw Rizka n beberapa hari yang lalu gw nyoba surfing di Google Earth and akhirnya gw menemukan 2 benda yang sangat (bagi Gw) misterius..


Benda ini terlihat seperti terbang diatas kota ini (Klaten- Jateng). Bentuknya agak unik dan aneh, yang satu panjang dan yang satu pendek.


blog-apa-aja.blogspot.com
white image 1


blog-apa-aja.blogspot.comWhite image 2

Persamaan diantara keduanya adalah benda ini sama-sama memantulkan cahaya yang sangat terang apabila dibandingkan dengan pantulan dari benda/bangunan apapun disekitarnya. Kemudian benda ini seperti menuju pada arah yang sama, dan kedua benda ini apabila dizoom sama-sama memiliki bayangan disekitarnya....

Gw bingung n sampai gw liat blog lu..nah, gw pengen sharing ama lu mengenai apa sebenarnya benda ini?


Apalagi benda ini menurut gw BUKAN MERUPAKAN BANGUNAN dan apabila dibandingkan dengan bawahnya, benda ini menimpa dan mengambang di atas bangunan-bangunan lain di kota tersebut.


Kira-kira bisa menjelaskan gak?


Tolong ya bro...n afterall thanks b4...oke


Catatan :

Pertama, screen shot di atas bukan hasil rekayasa. Saya sendiri telah mengkonfirmasinya dengan google earth dan kedua objek putih tersebut memang ada. Kalian juga bisa mengeceknya di kordinat di bawah ini :

White Image 1 : 7°42'19.88"S 110°35'58.15"E

White Image 2 : 7°42'36.10"S 110°36'7.75"E

Objek apakah itu ?

Jika kita membandingkannya dengan rumah di bawah, maka kita bisa menyimpulkan kedua objek tersebut berukuran besar. Melihat dari arah dan susunannya yang tidak beraturan, jelas objek tersebut bukan bagian dari bangunan di darat. Objek itu juga menutupi bangunan di bawahnya sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa objek putih tersebut berada di atas rumah-rumah, atau bisa kita sebut melayang/terbang di atas rumah.

Lalu pertanyaannya adalah, apakah ada dua kapal induk raksasa tidak dikenal sedang terbang di atas kota Klaten ? Saya tidak bisa memastikannya. Tapi saya punya teori.

Sebelumnya, mari kita lihat beberapa fakta menarik mengenai kedua objek di foto itu. Pertama, kita akan melihat persamaan diantara kedua objek tersebut.

Kita tahu bahwa keduanya berwarna putih. Lalu keduanya memiliki lekuk yang mirip walaupun panjangnya berbeda. Keduanya sama-sama memiliki bagian ujung satu yang lebih gelap dibanding ujung lainnya. Keduanya juga memiliki bayangan yang kalau dalam film sci fi seperti perisai medan energi yang melindungi pesawat dari serangan musuh. Dan terakhir. Kedua objek tersebut sama-sama ada di atas Klaten dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Namun, ketika saya melihat dua gambar tersebut, saya merasa kalau itu bukan objek terbang tak dikenal. Jika gambar google earth ini adalah sebuah foto, maka bagi saya, dua objek putih tersebut terlihat seperti tumpahan cat putih.

Perkiraan saya, kedua objek putih tersebut adalah gambar satelit yang rusak.

Saya pernah membaca beberapa kasus dimana terdapat foto google earth yang rusak dan menimbulkan kesalahpahaman. Tapi memang saya tidak pernah tahu ada kasus kerusakan foto yang menyebabkan adanya objek putih seperti foto di atas. Biasanya kerusakan hanya berupa garis patah pada foto, warna yang tidak jelas, blur dan lain-lain.

Tapi bisa saja ini contoh kerusakan yang baru. Bukti lain yang membuat saya semakin yakin adalah : saya juga menemukan dua objek putih mirip di sekitar kota Klaten. Saya beri nama White Image 3 dan White Image 4. Ini kordinatnya :

White Image 3 : 7°42'42.22"S 110°36'43.58"E
White Image 4 : 7°42'36.21"S 110°36'36.87"E

blog-apa-aja.blogspot.com
Saya berusaha mengambil screen shot masing-masing image dari jarak dekat, namun sepertinya fotonya blur sehingga kalian harus puas dengan foto jarak jauh tersebut. Tapi kalian bisa mengeceknya sendiri lewat google earth lewat kordinat yang sudah saya berikan di atas.

Jika saya menyatukan keempat objek putih tersebut, maka susunannya akan menjadi sebagai berikut.

blog-apa-aja.blogspot.com
Dua objek putih yang saya temukan juga memiliki karakteristik sama, yaitu memiliki bayangan perisai medan energi yang juga dimiliki White Image 1 dan 2. Karena itu saya semakin yakin kalau objek-objek putih tersebut adalah foto yang rusak.

Tapi, ini tentu saja hanya perkiraan. Karena saya tidak mengerti cara kerja google earth menampilkan foto bumi, maka saya tidak bisa memastikannya.

Lalu, saya memutuskan untuk menggunakan cara pemecahan yang lebih akurat.

Yang saya maksud adalah dengan langsung bertanya kepada sang pembuat Google Earth, yaitu Google sendiri. Mereka mengerti seluk beluk software yang mereka buat, pasti mereka lebih mengerti soal ini.

Jadi, pada jam 11 malam kemarin. saya mengirim dua email mengenai persoalan ini. Satu kepada google earth support center, dan satu lagi kepada google earth blog, sebuah blog yang membahas seluk beluk google earth (walaupun tidak terafiliasi langsung dengan goole).

Pagi ini, ketika saya memeriksa inbox email, saya menemukan keduanya telah memberikan email balasan.

Email pertama, datang dari earth.support@google.com

Laporan saya telah diterima dengan nomor laporan #609097673. Tapi, jawaban yang diberikan sepertinya hanya merupakan jawaban standar perusahaan dan diberikan oleh sistem komputer otomatis dengan kalimat yang itu-itu saja. Namun, ada kalimat yang menarik dari jawaban itu, yaitu :

"We're aware that the imagery for some areas may appear blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus. We strive to provide the clearest data possible so it's likely that better resolution data is currently unavailable from our data providers. Once it becomes available, we'll surely update our database."

Jadi, google juga menyadari adanya kemungkinan gambar rusak yang dideskripsikannya dengan kata : "blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus".

Sedangkan dari Google earth blog, saya mendapatkan jawaban dari Mickey Mellen (mickey@gearthblog.com). Kali ini, yang menjawab memang manusia, bukan sistem komputer.

Ini foto Mickey Mallen. Dalam google earth blog disebutkan bahwa Mickey telah terlibat dalam google earth sejak diluncurkan pertama kali. Ia juga pendiri dari Google Earth Hacks dan Digital Earth Blog. Jadi, paling tidak Mickey cukup mengerti soal Google Earth.

blog-apa-aja.blogspot.com
Ini jawaban dari Mickey :

"My best guess that it's just a distorted image of some kind. It might be a bad reflection off of something. It's hard to say for sure..."

"Perkiraan terbaik saya, itu adalah gambar sesuatu yang terganggu, mungkin juga refleksi buruk dari sesuatu. Susah untuk mengatakannya dengan pasti..."

Ternyata Mickey juga tidak yakin. Saya kira Mickey pasti juga kebingungan karena ia menggunakan kata "some kind" dan "something" dalam sebuah kalimat singkat. Mungkin ia memang belum pernah melihat kerusakan foto yang seperti ini.

Tapi, paling tidak, perkiraan Mickey sama dengan saya, yaitu gangguan pada foto/gambar. Walaupun kita berdua tidak bisa memastikan bagaimana kedua gangguan itu bisa tercipta.

Just a theory.
 http://blog-apa-aja.blogspot.com/2010/04/heboh-dua-objek-putih-misterius-di-atas.html

Komentar untuk cheat baru, film baru, game baru dan artikel update

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions