Mark Zuckerberg Minta Gaji Setara dengan Steve Jobs

02/02/12

KOMPAS.com - Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ternyata benar-benar mengagumi Steve Jobs. Salah satu buktinya, Zuckerberg rela digaji hanya 1 dollar AS per tahun mulai 1 Januari 2013 mendatang, sama seperti yang diperoleh oleh Jobs.

Menurut dokumen prospektus (S-1) yang diajukan ke US Securities and Exchange Commission (Badan Pengawas Pasar Modal), Zuckerberg memang mengajukan diri untuk mendapatkan gaji senilai itu.
Padahal pada tahun 2011 lalu, salah satu pemuda terkaya ini memiliki gaji pokok sebesar 500.000 dollar AS. Bahkan, ia juga mendapat bonus sebesar 220.500 dollar AS pada pertengahan tahun pertama di 2011.

Tidak hanya itu, dalam dokumen tersebut juga dibocorkan bahwa Zuckerberg menerima kompensasi lain sebesar 789.529 dollar AS, termasuk 692.679 dollar AS untuk ongkos penggunaan dan penyewaan pesawat pribadi yang berhubungan dengan program keamanan untuk keluarga dan teman-temannya selama tahun lalu.

Meski hanya digaji 1 dollar AS, mahasiswa drop out jebolan Universitas Harvard tersebut bakal menerima penghasilan lain, di antaranya dari kepemilikan saham Zuckerberg di Facebook sebesar 28,4 persen atau sekitar 533,8 juta saham.

Selain dimiliki oleh Zuckerberg sebesar 28,4 persen, saham Facebook juga sudah dimiliki oleh President Accel Management Company Jim Breyer sebesar 11,4 persen, Dustin Moskovitz (salah satu pendiri Facebook) sekitar 7,6 persen, perusahaan investasi internet Digital Sky Technologies (DST) sebesar 5,4 persen, dan salah satu investor awal Facebook, Peter Thiel sebesar 2,5 persen.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions