Karena IPAD, iPad Terancam Diblokir di China

15/02/12




Karena IPAD, iPad Terancam Diblokir di China - Sebuah perusahaan China meminta petugas bea cukai setempat untuk memblokir pengiriman iPad, baik ke dalam maupun keluar Negeri Tirai Bambu. Ini menyusul perselisihan panjang antara Apple dengan perusahaan elektronik lokal China, Proview, terkait hak kepemilikan nama iPad.

Tahun lalu, Proview memenangkan keputusan sementara di pengadilan China. Tapi Apple segera mengajukan keberatan.

Proview saat ini sedang menghubungi petugas berwenang di seluruh Cina untuk memblokir penjualan iPad.

“Kami saat ini meminta Bea Cukai Cina untuk melarang dan menyita semua produk impor dan ekspor iPad yang telah melanggar merk dagang kami,” kata pengacara Proview, Xie Xianghui. "Kami belum meminta kompensasi atas kerugian ini. Kami akan mencari cara untuk itu."

Xie mengatakan pekan lalu bahwa sebuah pengadilan di Beijing telah menjatuhkan denda 240 juta yuan atau sekitar US$38 juta kepada Apple atas pelanggaran yang mereka tuduhkan. Sebuah pengadilan Shanghai juga akan menyidangkan gugatan serupa pada akhir bulan ini.

Media lokal mengatakan beberapa lusin iPad telah diambil dari rak-rak toko di Shijiazhuang, Beijing Selatan. Dalam sebuah pernyataannya, Apple mengatakan bahwa pihaknya telah membeli hak Proview di seluruh dunia untuk merek dagang iPad di 10 negara berbeda dalam beberapa tahun yang lalu.

“Proview menolak untuk menghormati persetujuan dengan Apple di China dan pengadilan Hongkong berpihak pada Apple dalam keputusan ini. Kasus ini masih disidangkan di China,” katanya.

Saat perselisihan ini masih berlanjut, Apple tetap akan mengumumkan peluncuran versi iPad teranyar pada Maret nanti.

Tapi ancaman larangan ekspor ke China dinilai lebih merisaukan Apple. Sebab, China merupakan pasar elektronik yang besar. Selain itu, iPad terbaru ini secara luas diyakini diproduksi oleh Foxconn dan Pegatron di daratan China.
Apple dikabarkan telah membeli merek dagang IPAD dari Proview Techology pada tahun 2006. Ketika itu, Proview dikabarkan telah mendaftarkan merek dagangnya, antara lain di Uni Eropa, Cina, Meksiko, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Proview disebutkan telah setuju menjual merek IPAD senilai 35 ribu pound sterling. Tapi, menurut Proview, kesepakatan ini tidak berlaku di China. 

Vivanews

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions