Kayak Twitter, Facebook akan punya Verified Account

19/02/12

Kayak Twitter, Facebook akan punya Verified Account - Facebook merilis verifikasi akun menggunakan identitas asli. Sejumlah selebritas dan tokoh yang memiliki subscriber banyak di Facebook, akan dikirimi pilihan untuk memverifikasi akun, ketika login di Facebook. Hal ini dilakukan Facebook untuk mengurangi kesalahan pengguna men-subscribe akun yang salah.

Belajar dari kesalahan Twitter yang pernah salah memverifikasi akun istri Rupert Murdoch, Facebook menerapkan sistem verifikasi menggunakan paspor, SIM, dan kartu identitas perusahaan yang di-scan dan dikirimkan ke Facebook.
Kartu yang di-scan juga bisa menggunakan kartu kredit, kartu pelajar, kartu perpustakaan, atau akte kelahiran. Scan kartu identitas asli tersbeut harus berwarna, menunjukkan nama asli dengan jelas, dan memiliki informasi sensitif yang rahasia.

Untuk menjaga kerahasiaan identitas pengguna, Facebook akan segera menghapus foto scan identitas yang dikirimkan ke Facebook, setelah proses verifikasi berhasil. Dengan kata lain, Facebook hanya butuh untuk melihat dan memastikan bahwa pemilik akun adalah orang yang asli, sesuai dengan nama yang terdaftar.

Bentuk pilihan verifikasi akan seperti gambar berikut :

facebook-verified-accounts1
Saat melakukan pendaftaran verifikasi akun, pengguna akan diberi pilihan untuk menampilkan nama asli dan nama panggilan (yang akan tampil di samping nama asli. Misalnya Stefani Germanotta alias Lady Gaga, bisa menggunakan Account Verified untuk memverifikasi bahwa dia adalah Stefani Germanotta.
Ia bisa menampilkan namanya sebagai "Stefani Germanotta (Lady Gaga)", atau menampilkannya sebagai hanya "Lady Gaga" dan nama Stefani Germanotta akan muncul pada halaman profilnya.

verified-accounts-alternate-name
Langkah terakhir adalah memasukkan hasil scan kartu identitas asli yang berwarna dan jelas terbaca. Bentuk formulir untuk memasukkan identitas asli akan seperti gambar berikut :

verified-account-id-submission
Jika Twitter dan Google Plus memiliki simbol verifikasi untuk menunjukkan bahwa akun tersebut asli, Facebook justru tidak melakukannya.
Setelah pengguna memverifikasi akunnya, keuntungan yang didapat akan langsung terasa, yakni nama akunnya akan sering muncul di halaman saran dari Facebook. Kolom ini biasanya terdapat di kanan atas halaman depan Facebook, seperti gambar berikut :

people-to-subscribe-to-done-small
Dengan saran ini, Facebook akan menunjukkan bahwa akun-akun yang disarankan merupakan akun asli yang telah diverifikasi dan layak untuk di-subscribe.

Kompas

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions