Tahukah anda? Dimana Lokasi di Bawah Posisi anda di Bumi ?

30/03/11

Pernah terpikir dimana posisi di bumi yang tepat berada di bawah berlawanan dengan posisi kita? Waktu kecil mungkin ada yang pernah bilang bahwa kalau kita gali tanah di bawah kita sampai tembus di permukaan bumi di bawah kita, maka lokasinya itu di Cina. Ah, itu cuma dongeng masa kecil...


Kenyataannya Cina posisinya adalah tepat berlawanan dengan Argentina. Kalau Anda membuat peta yang menunjukkan dimana dua lokasi di belahan bumi saling berlawanan, nanti bentuknya akan mirip seperti ini:


Titik-titik berlawanan pada bumi dinamakan antipoda. Penasaran dimana lokasi yang tepat di bawah lokasi Anda berada? Ada Peta Antipode yang bisa menemukan antipode dari semua lokasi di bumi. Klik di sini.

Kebanyakan lokasi di bumi bakalan nemu antipode-nya masing-masing di lautan, maklum sebagian besar permukaan bumi ini lautan; dan beberapa beruntung menemukan antipode yang keren! Ini contohnya:

Kalo Anda di Jakarta menggali tanah sampe tembus ke bawah bumi, kira-kira nongolnya di mana ya... Ups, di Colombia, tepatnya di Bogotta.
* Bogota, Colombia <----------------------> Jakarta, Indonesia

Hmmm, bagaimana dengan kota Solo (penulis punya banyak kenangan di sini) ? Wah, nembus di Venezuela, jack!
* San Fernando, Venezuela <-----------------> Solo (Surakarta)

Dimana lokasi antipode Anda ? Cari sendiri... Lumayan buat mengisi waktu daripada bengong...


Komentar anda membuat blog ini menjadi lebih baik!

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions