Studi: Vitamin E Perburuk Kondisi Tulang

09/03/12

suplemen vitamin



VIVAnews - Apakah Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi vitamin E? Di balik manfaatnya sebagai suplemen dengan kandungan antioksidan tinggi, sebuah penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa vitamin E berperan meningkatkan risiko kerapuhan tulang dini. 

Hasil analisis terhadap hewan percobaan menunjukkan bahwa hewan yang mendapat asupan diet vitamin E selama delapan memiliki kondisi tulang 20 persen lebih lemah dibandingkan hewan yang diperlakukan normal tanpa tambahan suplemen.  

Dr Shu Takeda, peneliti dari Universitas Keio, Tokyo, mengatakan perlunya penelitian lebih lanjut untuk melihat efek langsung vitamin E terhadap perkembangan tulang manusia. Ini penting mengingat konsumsi suplemen vitamin E semakin populer di kalangan masyarakat modern. 

"Ingat, penelitian ini dilakukan pada hewan dan temuan pada manusia bisa sangat berbeda. Karenanya, penelitian lebih lanjut diperlukan," ujar Takeda.

Sembari menunggu hasil penelitian yang lebih akurat, ia menyarankan masyarakat untuk terbiasa memenuhi kebutuhan vitamin melalui bahan pangan alami. Vitamin E banyak terkandung di produk sereal, kacang-kacangan, minyak zaitun dan kuning telur.

Bagaimanapun, kebutuhan vitamin E harus tercukupi. Dengan efek antioksidan tinggi, vitamin E tak hanya berperan mencegah penuaan dini dan kesehatan kulit, tapi juga memangkas risiko penyakit jantung, kanker, katarak, serta membantu menjaga kemampuan memori di usia tua.

"Tak ada yang perlu dicemaskan jika Anda mengasup vitamin E dari bahan-bahan alami, yang perlu diwaspadai adalah konsumsi vitamin E dosis tinggi dalam bentuk suplemen," kata Profesor Helen MacDonald, penasihat Society National Osteoporosis, Inggris, dikutipFemale First.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

 
ANBU BLog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions